Belajar Photoshop Pertamakali

Posted on 06/05/2013

0


Kita mulai faham dan pandai memotret. Tinggal memahirkan, menambah ‘jam terbang’ dengan memotret sesering mungkin. Sambil menunggu kita belajar Photoshop, program editor foto standar industri dunia fotografi, untuk mengedit foto hasil jepretan biar semakin bagus. Berikut pengalaman belajar Photoshop pertamakali.

Mengapa Photoshop? Pertama, foto hasil kamera saku harus diedit karena belum sempurna. Ke dua, editor Photo Express gratis yang dipakai di Memotret Hitam Putih terlalu sederhana untuk hasil yang lebih serius. Ke tiga, berita gembira, Photoshop CS2 itu gratis!

Betul Photoshop CS2 ketinggalan dan tidak di’support’ lagi, tetapi untuk mengedit foto berkelas masih tetap ampuh. Unduh dari situsnya, http://www.adobe.com/downloads/cs2_downloads. Full version!

Mengedit, Mengolah

LION WingDari mana mulai? Saya mencoba menguasai Photoshop melalui pendekatan ‘Selection’, yaitu memilih atau seleksi, karena sering dipakai. Hasil belajar ‘Selection’ dicoba diterapkan mengedit foto sedehana.

Ada foto sayap pesawat terbang seperti gambar di samping. Sayap adalah latar depan, lainnya latar belakang. Kurang menarik terlalu umum. Bisakah sayap di’gunting’ lalu di’tempel’ di atas latar belakang lain.
 
 
Ada 2 foto calon latar belakang yang pantas dipasangi sayap. Asli, seadanya dari kamera tanpa diedit. Foto kiri pemandangan masih dekat ke bumi, kanan jauh di atas.Toll Road n CloudSeleksi — menggambar ‘outline’ sayap. Buka Photoshop; di ruang editor tersedia sejumlah tool untuk membuat outline. Cara tidak dibahas rinci di sini, bagi yang sudah biasa mengedit dengan ‘PS’ pasti tahu. Bagi yang belum cepat unduh Photoshop biar bisa segera bereksperimen.

Edit subyek — biar terlihat realistik. ‘Dodge’ dan ‘burn’ di artikel sebelumnya dipakai di sini. ‘Dodge’ untuk menerangkan bagian sayap dan bagian lain yang terkena pantulan sinar matahari. ‘Burn’ untuk lebih menggelapkan bagian gelap sayap seperti batas dan bayangan di bawah sayap.

Copy-Paste — ‘guntingan’ outline subyek di’kopas’ ke 2 gambar latar belakang. Keduanya bisa dibuka bersama-sama di ruang editor. Hasil kopas,Toll Road n Cloud n WingHoree..!

Komposisi — di mana meletakkan sayap? Untuk terbang rendah ditaruh agak bawah, yang lebih tinggi di atas. Intuitif saja. Latar belakang juga dikoreksi pencahayaannya memakai setting ‘auto’ Photoshop. Bagus, lebih realistik, ada kesan 3D.

Diskusi

Bandingkan dan nilai foto sebelum dan sesudah diolah. Dari belajar Photoshop pertamakali kita jadi tahu penampakan latar belakang yang bagus berdasarkan standar.

Belajar ‘Selection’ lumayan memeras pikiran beberapa hari. Setelah tahu tips dan triknya proses seleksi jadi (sangat) mudah. Seleksi sayap berhasil diselesaikan sekitar 5 menit. Pengalaman ‘Selection’ mungkin bisa dijadikan artikel.

Kesimpulan — kesempatan belajar olah foto dengan Photoshop CS2 (gratis), sayang kalau dilewatkan.
 
:D  (menambah jam terbang dengan terbang bersama Photoshop)
 

About these ads
Posted in: Photoshop