Memotret Pertama Dengan Kamera Saku Digital

Posted on 26/02/2013

3


Pengetahuan

Ringkasan tabel posting terdahulu:

Gelap Terang
A Apertur kecil besar
S Kecepatan rana tinggi rendah
ISO Kepekaan rendah tinggi

‘A’ (Apertur) = besar lubang jendela, ‘S’ (‘Shutter’, rana) = kecepatan buka-tutup jendela, ISO = kepekaan layar (tabir) menangkap cahaya. Foto gelap terjadi karena A kecil, S cepat, ISO rendah. Agar terang, perbesar A, lambatkan S, naikkan ISO. Lakukan kebalikannya untuk foto yang terlalu terang.

exposure-exampleContoh menangkap sinar matahari terbenam. Foto kiri terlalu terang. Perkecil A atau naikkan S, atau kombinasinya, sampai diperoleh hasil seperti yang diinginkan (ISO diabaikan).

Memotret

EV scaleNyalakan kamera saku digital, posisikan mode memotret di ‘manual’. Dapatkan tombol setting A dan S. Ada? Tidak ada. Memang, tetapi ada setting yang cara kerjanya mirip A dan S yaitu tombol ‘+/–‘ (Canon), di kamera lain namanya mungkin ‘EXP’, ‘EV’, ‘exposure compensation’, ‘exposure value’. Pada display LCD setting EV ditampilkan dalam skala seperti di atas.

Setting berfungsi menambah atau mengurangi jumlah cahaya yang masuk kamera. Mulai memotret sembarang dengan setting EV yang berbeda. Lihat hasilnya dan bandingkan, kira-kira mendekati ini,

Aperture_priority

Analisa

  1. Setting EV: gambar kiri atas dan bawah, EV=–2 (gelap, cahaya sedikit), gambar tengah EV=0 (tidak ada penambahan, ideal), gambar kanan EV=+2 (terlalu terang, cahaya banyak).
  2. Setting EV: mengatur lama waktu buka S (dalam detik, tampil di LCD); A dan ISO tetap, A = 2.8 ISO = 80.
  3. Sumber cahaya: foto atas malam hari, dalam ruangan, sumber cahaya lampu; foto bawah siang hari, luar ruangan, sumber cahaya matahari. Setting EV sama, lama waktu S berbeda.

Dari hasil ini kita bisa mengira-ngira sendiri berapa setting EV yang pas atau tepat untuk mendapatkan foto yang baik dan jelas. Perkiraan untuk memotret di ruangan malam hari EV = +1/3 dan luar ruangan siang hari EV = -1/3, oke. Harus coba, sampai puas.
 
:D  (ikutan kursus fotografi gratis, lihat widget)