Memotret Keempat Kamera Saku Digital Dengan S Lama

Posted on 06/03/2013

1


Pengetahuan

Kita ingin memotret malam hari. ISO tinggi cocok dipakai memotret malam hari, obyek di foto terang dan terlihat jelas. Tetapi pada ISO tinggi foto menjadi cacat karena dipenuhi bintik. Bisakah memotret malam hari dengan ISO rendah.

Gelap Terang Cek
A Apertur kecil besar Belum dicek
S Kecepatan rana tinggi rendah Benar
ISO Kepekaan rendah tinggi Malam hari oke

Kembali ke prinsip awal memotret. Kalau ISO sudah ditentukan untuk membuat foto terang dilakukukan dengan membuka A lebih lebar/besar atau waktu bukaan S lebih lama. Pada kamera saku digital A tidak bisa diatur, hanya S.

Memotret

Long S settingKita masih memotret obyek yang sama. Setting kamera di manual, A = 2.8, ISO = 80. Waktu pencahayaan S ada di menu lanjutan ‘EV’ (kamera Canon IXUS 80 IS); kamera lain coba cari di buku panduan, ‘long shutter’ atau ‘long exposure’.

Begini jadinya,

Bandingkan foto S 1-2-5-10 detik di atas (A tetap, ISO tetap) dengan foto ISO 100-200-400-800 di bawah (A tetap, S tetap). Mirip sekali. (Baru tahu juga.)
ISO Nightscene

Analisa

  1. Setting S diubah: dengan A = 2.8 ISO = 80 tetap.
  2. Setting S tinggi/lama: obyek di foto lebih kelihatan tanpa memakai lampu kilat (flash). Pada S = 10 detik hasil foto sama dengan foto ISO 800.
  3. Setting S tinggi/lama: kata teori, foto ISO 80 terbebas dari bintik tidak ada cacat. Faktanya, pencahayaan yang terlalu lama juga menimbulkan cacat.

Kesimpulan — memotret malam hari dapat menghasilkan foto terang/jelas tanpa bantuan lampu kilat (flash), dengan (1) menaikkan ISO (2) memperlama waktu bukaan S.

Kedua-duanya, setting ISO maupun setting shutter S, bisa dipakai sebagai panduan kasar memotret foto bagus malam hari.

Tips: kalau cacat/bintik di foto akibat ISO tinggi atau waktu bukaan S terlalu lama boleh/bisa diabaikan, memotret sumber cahaya lemah seperti bintang dan benda angkasa lainnya di malam hari sepertinya menarik!

Update: formula 800 — Puas dengan hasil foto terakhir? Rumus ‘S x ISO’ berlaku juga untuk malam hari! Foto S = 1 ISO = 800 hasilnya sama dengan S = 10 ISO = 80. Dengan demikian ‘800’ dihafalkan sebagai tips memotret malam hari tanpa lampu kilat. Mau hasil lebih alami, gunakan rumus ‘400’ atau ‘200’ (kira-kira saja, ISO=80 S=3 atau ISO=100 S=2 oke). Tidak ada patokan dalam fotografi, yang terpenting pesan tersampaikan.
 
:D  (1 unsur lagi belum dicek, A)