Memotret Kelima Apertur A Mempengaruhi DOF

Posted on 08/03/2013

3


Pengetahuan

Tiga elemen penangkap cahaya kamera saku digital hanya S dan ISO yang bisa dikendalikan, A (apertur, jendela) tidak. Tidak ada setting A. Jadi apa pengaruh A terhadap hasil foto?

Gelap Terang Cek
A Apertur kecil besar DOF*
S Kecepatan rana tinggi rendah Benar
ISO Kepekaan rendah tinggi Untuk malam hari

* DOF = depth of field, batas ruang tajam foto.

Susahnya kamera saku digital, banyak artikel membahas efek A terhadap foto untuk kamera bukan tipe saku digital. Dari wikipedia, apertur A mempengaruhi ruang tajam foto. Seperti ini,
DOF5_wikipedia

Gambar-1 ruang tajam panjang. Semua obyek di foto tajam. Diperoleh dengan bukaan jendela A kecil. Kedua gambar lain ruang tajam terbatas; obyek tajam hanya sebagian, di depan dan di tengah. Dipotret dengan A besar/lebar.

Kamera saku digital yang kemampuannya terbatas bisakah meniru foto tadi?

Memotret

Canon Menu AFPosisikan kamera di ‘manual’ dan ‘makro’ (gambar ‘bunga’), ISO = 80. Cari setting fokus kamera (AF Frame pada Canon), posisikan ke ‘Center’ atau ‘Face Detect’ kalau ingin memotret wajah orang. Tekan tombol potret separuh, tahan, arahkan fokus ke obyek, lalu alihkan kamera untuk memperoleh posisi foto yang bagus. Pret!

Begini jadinya,
DOF eksperimen
Hasil di dalam ruangan — tajam di depan (bebek), tajam di tengah (boneka kayu), tajam di belakang (dekorasi). Batas ruang tajam sempit/tipis.

Hasil di luar ruangan — tajam di latar depan (batang pohon), kabur di latar belakang. Batas ruang tajam juga sempit, meskipun lensa kamera di’zoom’.

Analisa

  1. Apertur A: tidak ada setting, A tidak bisa diubah, ruang tajam tidak bisa diatur A.
  2. Depth of Field (DOF): bidik obyek utama, tekan tombol setengah, fokus, tahan tombol, alihkan kamera untuk mendapatkan adegan gambar foto bagus, jepret.
  3. Depth of Field (DOF): batas ruang tajam yang didapat hanya tipis. Ini disebabkan keterbatasan teknologi kamera saku digital yaitu sensor kecil dan struktur mekanik lensa yang sederhana.

Kesimpulantanpa setting A, efek DOF yaitu memotret fokus hanya obyek tertentu dan kabur pada obyek lainnya, bisa dilakukan kamera saku digital!

Efek DOF diperoleh dengan memainkan lensa di posisi ‘makro’ dan ‘zoom’.
 
:D   (horee… kamera saku bisa meniru hasil kamera mahal)