Tips dan Trik Memilih Cepat Setting Pencahayaan

Posted on 12/03/2013

0


Pengetahuan

Tabel apertur A, kecepatan shutter S, dan ISO, yang dipakai sebelum ini diubah susunannya dan dilengkapi agar mudah memilih cepat setting pencahayaan saat memotret dengan kamera saku digital. Berlatih bikin 1001 foto, isi tabel boleh dilupakan.

‘0’ (kecil, rendah) ‘1’ (besar, tinggi)
A Apertur terang (2.8, 4.0)
DOF pendek
gelap (5.6, 8.0+)
DOF panjang
S Kecepatan rana terang (di atas 1 detik)
Obyek bergerak kabur
Memotret pakai tripod
gelap (di bawah 1 detik)
Obyek bergerak diam
Memotret pakai tangan
ISO Kepekaan gelap (80, 100, 200)
bersih, bebas cacat bintik
memotret malam tripod
terang (400, 800+)
ada cacat bintik
memotret malam tripod

Memotret

Berikut tips dan trik contoh memilih cepat kombinasi shutter S (dan EV) dan ISO yang pas untuk memotret segala kondisi. Setting apertur A boleh diabaikan. Posisikan kamera: manual, AWB, EV=0, ISO=80, lampu kilat (flash) = padam (off).


Memotret siang hari, di luar ruangan — Bangunan, tanaman, dst. Cahaya cukup? Terang benderang. Ubah EV = -1/3. EV mewakili kecepatan S, tanda minus ‘–‘ berarti mengurangi jumlah cahaya, sama dengan mengggelapkan, sama dengan meninggikan kecepatan S. Pret!
siang hari di luar ruangan


Memotret siang hari, di dalam ruangan — Orang belanja di mal. Cahaya? Terang, sumber cahaya lampu. Setting EV=-1/3 siang hari bisa dipakai untuk dalam ruangan, setting ISO yang berbeda dan harus dicari untuk memperoleh cahaya cukup (=400). Pret!
siang hari di dalam ruangan
tripodWaspadai kecepatan S rendah:
(1) Foto goyang.
Kalau memotret pakai tangan. Tangan tidak stabil. Ganti dengan tripod (dudukan kamera berkaki-3).
(2) Orang tampak kabur.
Karena bergerak. Kalau mau di’beku’kan, naikkan kecepatan dengan: (a) Menambah sumber cahaya (susah) (b) Menaikkan ISO=400 atau 800 (ekstrim).


Memotret siang hari, rekreasi pantai — Cahaya? Kebanyakan! Orang memakai kacamata hitam pertanda silau oleh cahaya pantulan kuat dari pasir dan ombak. Cahaya berlebih diredam EV=-1. Pret! Belum ada fotonya…

Cahaya berlebih bagus untuk melatih membekukan gulungan ombak yang berbuih atau yang sedang pecah! Naikkan ISO=800.
siang hari silauKondisi menyilaukan lainnya, gumpalan awan putih yang berarak atau kumpulan orang yang semua seragam mengenakan jubah ‘menyilaukan’, putih, warna muda, keperakan, keemasan, dst.


Memotret malam hari, di dalam ruangan — Cahaya? Kurang. Setting EV=+1/3. Tanda plus ‘+’ berarti menambah jumlah cahaya, sama dengan menerangkan, sama dengan menurunkan kecepatan. Pakai tripod. Pret! (Contoh, EV=0.)

Memotret malam hari, di luar ruangan — Cahaya? Sangat kurang! Nyaris gelap total kecuali sinar yang berasal dari bintang. Sumber cahaya lemah bintang dikompensasi dengan memperpanjang waktu S atau ‘long shutter’ = 10-15 detik (menu EV lanjutan). Pret! Masih kurang? Naikkan ISO (800, setting habis).
malam hari dalam dan luar

Analisa

Sekali ini menganalisa diri sendiri, bukan foto hasil jepretan. Cara berpikir dan memotret sekarang sudah tidak sama dengan sebelumnya. Kemajuan yang sudah dicapai tercermin dari foto yang dihasilkan. Sudah berbeda jauh!

Tinggal menyempurnakan.
 
:D  (sibuk berlatih memotret 1001 foto, baru motret 99 yang jelek 90)