Memotret Kondisi Kontras Hitam Putih

Posted on 14/03/2013

2


Canon IXUS 80 ISSetting pencahayaan Canon IXUS 80 IS sama dengan setting pencahayaan kamera saku digital lain. Mungkin ikon dan istilah saja berbeda. Kita akan mempelajari penggunaan setting ini untuk memotret obyek dengan latar belakang sangat kontras hitam-putih, atau yang selaras hitam-hitam, putih-putih.

Pengetahuan

Menu setting SMenu kompensasi pencahayaan lihat gambar di samping. Menu yang kita pakai sebagai patokan mengatur kecepatan shutter S, sebenarnya diperuntukkan kompensasi pencahayaan memotret obyek dengan latar belakang kontras atau selaras.

‘Komputer’ di kamera mengukur cahaya lalu membuat kalkulasi agar cahaya di foto tampak merata. Yang ‘hitam’ (baca gelap) dibuat sedikit terang, yang ‘putih’ (baca terang) dibuat sedikit gelap. Foto jadi keabuan!

Tidak alami, perlu dikoreksi. Setting ‘EV’ diubah untuk mengembalikan kondisi ke keadaan semula.

Memotret

Posisi kamera: manual, ISO=80, AWB, EV=0.

Obyek putih — foto di bawah memperlihatkan obyek putih dengan latar putih dan latar hitam. Baris atas setting EV=0, baris bawah dikoreksi dengan setting EV baru untuk latar putih EV=+1 (tambah cahaya), untuk latar hitam EV=-2 (kurangi cahaya, habis).
white-ev-contrast

Obyek hitam — ganti obyek hitam. Baris atas setting EV=0, baris bawah dikoreksi dengan setting EV baru untuk latar putih EV=+1 (tambah cahaya), untuk latar hitam EV=-2 (kurangi cahaya). Setting sama dengan di atas.
black-ev-contrast
Baik obyek putih maupun hitam dengan latar kontras atau selaras, setelah dikoreksi semua tampak lebih alami.

Analisa

Waktu lama buka-tutup shutter S?

Obyek putih — dengan latar putih (EV=0 S=2/60) setelah dikoreksi, dikompensasi, diimbangi dengan (EV=+1 S=3/60), hasilnya lebih baik. S lebih lama 1/60 detik. Latar hitam (EV=0 S=13/39) dikoreksi dengan (EV=-2 S=3/39), S lebih cepat 10/39 detik.

Obyek hitam — latar putih (EV=0 S=1/30) dikompensasi dengan (EV=+1 S=2/30), selisih 1/30 detik. Latar hitam (EV=0 S=3/6) diimbangi dengan (EV=-2 S=1/6), lebih cepat 2/6 detik.
 

Kesimpulan-1 — setting kompensasi cahaya paling cocok digunakan untuk kondisi kontras (hitam-putih) dan selaras (hitam-hitam, putih-putih) yang dapat diperluas dan diberlakukan umum untuk terang-gelap, gelap-gelap, terang-terang. Pada kondisi selain ini, setting EV=0.

Kesimpulan-2 — setting kompensasi cahaya tidak ada kaitan langsung dengan kecepatan shutter S; kondisi lain, S lain. Kaitan yang ada adalah hubungan logika, tambah cahaya (EV=’+’) S bertambah lama dan sebaliknya.

Kesimpulan-3 — batas setting EV=-2 kalau bisa sampai -3. Warna obyek (putih, hitam) berlatar hitam masih terlalu terang. Perlu digelapkan lagi agar mendekati warna alami seperti warna obyek berlatar putih.
 
:D  (baru tahu kekurangan kamera setelah mencoba)