Mengunci Pencahayaan Atau Auto Exposure Lock [AEL]

Posted on 19/03/2013

0


Mengunci pencahayaan atau ‘auto exposure lock’ disingkat AE Lock (AEL) adalah setting pencahayaan tetap hasil perhitungan kamera untuk memotret obyek sasaran.

Pengetahuan

Waktu tombol jepret ditekan separuh, kamera merata-ratakan cahaya yang masuk dan tertangkap lensa. Itu untuk cahaya kontras (lihat posting Memotret Kondisi Kontras Hitam Putih). Untuk cahaya merata, tidak kontras, komputer kamera menghitung cahaya di sekitar titik bidik untuk menentukan (A,S) yang pas. ISO, kita yang menentukan.

Artinya, saat kamera dibidikkan ke obyek warna gelap setting (A,S) tidak akan sama dengan setting (A,S) saat kamera dibidikkan ke obyek warna terang. Setelah menemukan pilihan setting kamera yang cocok untuk pemtoretan, kita kunci. Tombol boleh dilepas. Memotret siap.

Memotret

Setting kamera: manual, A=2.8, AWB, tripod, ISO=80, S=eksperimen.
AE Lock1

Bidikkan kamera ke wajah anak dengan mata sebagai fokus. Tekan tombol jepret setengah; kamera akan menghitung dan menghasilkan data setting pencahayaan S tertentu. Setting lalu dikunci (masih menekan tombol jepret setengah, tekan tombol ISO — kamera saya, lihat manual untuk kamera saku merek lain). Teks ‘AEL’ tampil di LCD. Pencahayaan ini ‘permanen’ selama kita memotret.

Karena (kom)posisi kurang bagus, memotret bergeser sedikit. Pret! Bukan foto hasil sendiri jadi setting pencahayaan tidak tersedia.

Berikut eksperimen memotret malam.
AE Lock2
Kamera diarahkan ke sebuah rumah dengan lampu penerangan lemah (gambar kiri). Tekan tombol jepret setengah, kamera memberi (A,S,ISO) = (2.8, 1 detik, ISO 80). Setting dikunci; muncul ‘AEL’ di LCD. Setting pencahayaan ini dipakai memotret rumah lain (gambar kanan). Pret! Setting pencahayaan tidak berubah, cahaya rumah tampak lebih terang. Aslinya memang begitu.

Analisa

  1. Mengunci pencahayaan atau auto exposure lock (AEL, AE-L) paling bagus dipakai memotret pagi dan sore hari untuk wajah orang atau obyek yang kontras dengan sekitarnya. Kalau masih ingat foto sinar matahari terbenam di posting awal, setting dipakai memotret dengan risiko burung bangau tampak gelap.
  2. Mengunci pencahayaan juga baik dipakai membantu memotret kondisi kontras misalnya obyek hitam (gelap) dengan latar putih (terang).
    AE Lock3Mudah menentukan bagian mana yang harus dibidik untuk setting pencahayaan.
  3. Kasus foto malam: kalau setting penerangan rumah yang terang dipakai acuan memotret, rumah berpenerangan gelap akan tampak lebih gelap.

Kesimpulan — ‘AEL’ adalah fitur ampuh memotet; bidik obyek sasaran lalu kunci setting pencahayaanya! Pakai setting untuk memotret selama kondisi lingkungan tidak berubah.
 
:D