Mengunci Fokus Atau Focus Lock

Posted on 21/03/2013

1


Menu setting fokusMengunci fokus atau ‘focus lock’ adalah mempertahankan setting fokus agar obyek sasaran tetap tajam meskipun arah kamera berpaling atau bergerak.
 
 
 

Pengetahuan

Fokus komposisi
Bidik kamera ke obyek di tengah. Posisi (1) gambar di samping. Tekan tombol jepret separuh untuk menajamkan obyek, ditandai tampilnya kotak warna hijau di LCD (disebut AF Frame).

Ketajaman di’lock’ dengan tetap menekan tombol setengah; palingkan kamera ke arah lain untuk mengejar komposisi yang lebih baik misalnya, posisi (2). Pret!

Memotret

Setting kamera (1): manual, A=2.8, AWB, ISO=80, S=eksperimen.
Setting kamera (2): urusan fokus, tekan tombol ‘Menu’ di kamera dan pilih AF Frame = Center (AF Frame adalah kotak hijau). Setting menginstruksikan kamera menajamkan obyek sasaran di bagian tengah LCD. Lihat setting pada gambar paling atas.

Memotret biasa, bidikkan kamera. Tekan tombol jepret setengah, kamera otomatis menajamkan obyek di tengah. Pret! Hasilnya gambar kiri.
Titik fokus beda
Kita ingin pipa dan sekrup tajam. Letaknya tidak di tengah. Kamera diatur agar obyek di tengah untuk ditajamkan. Seperti ini,
Trik mengunci fokus
Tetap menekan tombol setengah, setelah tajam obyek dikembalikan ke posisi semula. Pret! Hasilnya gambar kanan.

Analisa

  1. Foto kiri, kamera tidak diubah arahnya (posisi (1)). Foto kanan, kamera dipalingkan ke kanan (sedikit, posisi (2)) setelah obyek (sekrup + pipa) ditajamkan.
  2. Untuk diwaspadai. Gambar pengetahuan di atas menunjukkan perubahan arah kamera membuat ketajaman berkurang karena obyek tidak berada di garis ‘tajam’ warna merah (tegak lurus lensa).
  3. Untuk tetap tajam, ada beberapa solusi. Salah satu adalah setting ‘Auto Focus Lock’ disingkat AFL. Belum dibahas.

Kesimpulan — mengunci fokus hanya terjadi selama menahan tombol jepret setengah; tombol tidak boleh dilepas.

Fokus obyek bergerakMemotret kreatif — mengunci fokus dapat diterapkan pada obyek bergerak. Arahkan kamera ke aspal jalan untuk ditajamkan. Tahan tombol, tunggu sepeda motor datang dari kanan, sapukan kamera mengikuti gerak motor dan setiba di posisi aspal yang fokus …pret!
 
:D  (motor lebih cepat latar belakang lebih kabur, lebih oke)

Posted in: Kamera Saku