Seperti Apa Memotret Makro Digital

Posted on 04/04/2013


Faktor pembesaran makro digital pada kamera saku digital bervariasi, ada yang rendah ada yang tinggi. Kamera Canon IXUS 80 IS 4X. Selama foto makro tidak menuntut akurasi tinggi di mana subyek harus sama persis seperti aslinya, foto makro digital bisa dipakai.

Kita sudah melihat hasil zoom gabungan optik dan digital 12x di posting lalu, juga sudah mencoba memotret makro dalam mode optik. Sekarang ingin melihat hasil memotret dalam mode makro digital 4X.

Pengetahuan

Pendekatan atau pembesaran subyek dengan makro digital merupakan hasil olahan program. Program saat membesarkan subyek, mata misalnya, harus mengisi ruang kosong yang terbentuk dengan detil mata yang datanya tidak dimiliki.

Program cerdas! Bisa mengisi data detil cukup akurat namun terbatas hanya hingga 4X. Foto masih baik dan bisa diterima. Di luar itu program tidak menjamin hasil; identitas subyek di foto tidak bisa dikenali lagi karena menyimpang jauh dari aslinya.

Memotret

Menu makro digitalSetting kamera: manual, A=2.8, ISO=80, lampu kilat padam. Pakai tripod.

Pindahkan mode memotret ke makro digital (ikon bunga dengan huruf ‘D’). LCD menampilkan tulisan ‘1.0X’, lensa terdengar bergerak menyesuaikan pembesaran awal secara optik. Memotret makro digital siap. Kamera perlu mendekat ke sasaran sekitar 3 cm untuk fokus. Pret! Dekatkan lagi dengan memutar tuas zoom. Pret!

Ini hasilnya; di kiri adalah makro digital ‘1.0X’, di kanan zoom ‘4.0X’.

MakroDigital 01

MakroDigital 02

Analisa

Tidak jelek-jelek amat!

  1. Makro digital 1.0X: pemotretan dilakukan setelah kamera menemukan fokus. Kira-kira fokus sama dengan fokus makro optik 3X. Pantas menyanggupi memotret makro; gambar besar foto makro optik jadi rujukan program untuk mudah menemukan data detil yang diperlukan jadi makro!
  2. Makro digital 4.0X: ini baru makro, sudah dekat-dekatlah. Meskipun pembesaran makro semu bukan hasil optik tetapi hasilnya luar biasa dan sukar dibedakan dengan optik. Semua terlihat tajam, ketajaman lebih baik terlihat pada subyek dengan geometri beraturan seperti taplak dan jam tangan.

Kesimpulan — foto makro digital dapat dipakai pada aplikasi yang tidak menuntut akurasi tinggi.
 
:D  (horee.. hiduplah penggemar foto makro)