Uji Coba AWB Di Lapangan

Posted on 08/04/2013

0


‘White balance’ adalah koreksi temperatur sinar putih dari sumber cahaya agar nuansa warna foto kembali netral atau alami. Kita akan melihat dampak setting sumber cahaya di menu AWB terhadap warna foto pada siang dan malam hari.

Pengetahuan

Setting suhu cahayaKamera mengubah foto jadi ‘panas’, ‘dingin’, atau ‘netral’ bergantung suhu sinar sumbernya. Untuk memotret di pagi, siang, atau sore hari, posisi AWB cukup  ‘auto’. Untuk cuaca panas terik pindahkan ke ‘matahari’, kalau mendung atau di bawah bayangan pindahkan ke ‘awan’. Lihat gambar.

Setting ‘auto’ terkadang sukar mengoreksi warna latar yang didominasi warna homogin. Gunakan ‘Custom’ yang diisi data warna putih. Lihat caranya di artikel ‘Mencoba AWB Automatic White Balance’. Untuk malam hari atau dalam ruangan tersedia setting lampu pijar atau lampu TL. Beres, semua tipe sumber cahaya sudah tercakup. Tinggal memotret.

Memotret

Setting kamera: manual, A=2.8, ISO=80, lampu kilat padam. Setting sumber cahaya mula-mula ‘Auto’.

Latar warna homogin — memotret cokelat kemerahan (lantai), kehijauan (rumput), putih-abu awan mendung di langit. Cuaca sore hari, pukul 2-3 siang, penuh awan. Setting awal AWB ‘auto’, lalu ganti ke ‘matahari’, ‘awan’, dan kustom. Pret, pret, pret, pret!

Hasil seperti ini,
AWB HomoginLangsung bisa diamati. Ada 2 pasang setting yang mirip, kiri (auto, matahari) dan kanan (awan, kustom). Pasangan kiri terlihat teduh/dingin, pasangan kanan lebih hangat (kekuningan, kemerahan). Dari sini kita cukup pakai 2 setting, auto dan kustom, untuk memotret.

Mulai dengan memotret pepohonan rimbun. Ada di sekitar kita, kaya warna hijau mulai terang hingga gelap.
4 HijauHasil sama! Ada warna kekuningan terlihat setelah menurunkan setting EV dari ‘0’ ke ‘-2/3’ untuk mengurangi jumlah cahaya. Lihat posting terkait setting EV. Yang mana? Coba picingkan mata.

Sumber cahaya lain — malam hari, dalam ruangan, hadir tokoh kartun Elmo di balik jam meja. Penerangan berasal dari cahaya sebatang lilin, tunggal, tanpa penerangan tambahan.

5 Elmo candlelightMencoba belajar menilai foto, mana yang netral dan mengapa. Setting apa yang dipakai.

Elmo 1 Elmo 2 Elmo 3 Elmo 4

Analisa

Mudah menentukan warna Elmo netral; cek ‘warna’ kristal dan warna kuning jam meja. Setting AWB lewatkan mouse di atasnya.

Fungsi AWB mengoreksi warna foto agar netral. Setting ‘Custom’ (kustom) dipakai menetralkan warna untuk sumber cahaya yang tidak bisa diterjemahkan dengan baik oleh setting AWB auto dan lainnya.

Setting kustom bisa di’salahgunakan’ membuat warna tidak netral. Foto berubah memiliki efek seni seperti foto Elmo-1. Bikin warna air laut kemerahan mewakili laut ‘Merah’? Sah-sah saja.

Koreksi warna mudah dilakukan dengan program editor foto. Terbaik adalah mengoptimalkan setting AWB, menghasilkan foto bagus sejak awal. Editor foto membantu untuk ‘make up’ bukan untuk membuat foto.

Kesimpulan — Setting AWB sangat penting tetapi sering terabaikan. AWB praktis dan mudah digunakan tidak serumit seperti yang kita pikir.

:D   (yang netral foto Elmo-3)