Aplikasi Spot Metering

Posted on 12/04/2013

1


Spot metering adalah mengukur kuat cahaya dengan membidikkan kamera ke titik kecil di subyek/sasaran utama. Spot metering dipakai pada subyek yang tampak gelap dibandingkan cahaya di sekitarnya. Bersama fitur ‘EV’ kamera menentukan pencahayaan yang tepat untuk memotret subyek dengan mengabaikan cahaya di sekitarnya.

Pengetahuan

menu setting meter cahayaTentang ‘metering’ dan setting menunya, lihat gambar, dapat dilihat kembali di posting lalu. Subyek gelap tidak tampil di foto bila memotret melalui mode bidik ‘evaluative’, yaitu mengukur cahaya di sejumlah titik di ruang bidik. Juga sukar dengan mode ‘center center-weighted average’, yang merata-ratakan cahaya seluruh ruang bidik dengan pembobotan di tengah. Mode ‘spot’ diadakan untuk itu, mengukur kuat cahaya langsung pada subyek.

Mode spot mengatur agar subyek gelap jadi terang; berarti latar terang di sekitarnya lebih terang lagi. Pencahayaan yang terlalu terang ini, disebut ‘over (exposure)’ atau ‘OE’, membuat detil latar hilang. Detil dapat dimunculkan kembali dengan mengurangi jumlah cahaya melalui setting ‘EV’ (diturunkan). Subyek utama turut berubah sedikit gelap.

Contoh hasil spot metering sudah kita lihat di posting lalu di mana efek belum terlihat pada memotret outdoor. Kita tinjau beberapa contoh aplikasi spot metering di bawah, untuk mengetahui kapan spot metering bisa dipakai selain pada kontras hitam-putih.

Memotret

Setting kamera awal: manual, A=2.8, ISO=80, white-balance=AWB, lampu kilat padam, EV=0.

Di luar ruangan (outdoor), kontras — memotret jalan kecil (gang) dan bangunan. Kondisi mendung, cahaya di gang lebih gelap dari bangunan.
metering bangunanBaris A (atas): Subyek utama adalah ‘kotak hijau’. Ganti AWB ke ‘Awan’ (mendung). Pret! Kurang bagus, subyek masih terlihat gelap. Ganti mode metering ke spot. Oke, tetapi ujung gang terlalu terang. Turunkan EV=-1/3. Pret! Lebih baik, lebih alami.

Baris B (bawah): spot metering membuat teras rumah bata jadi jelas tetapi profil awan hilang. Turunkan setting EV=-1/3 profil belum kelihatan. Menurunkan ke EV=-2/3 teras gelap lagi. Tidak dipakai. Hasil EV=-1/3 terbaik.

Di luar ruangan (outdoor), kurang kontras — subyek utama bunga, merah muda dan putih; latar sekitar bunga merah muda tidak terlalu gelap (tanah), pada bunga putih tidak terlalu terang (dinding warna). Memotret memakai 3 mode metering, ‘evaluative’ – ‘center’ – ‘spot’.
metering bungaBaris A (atas) dan baris B (bawah): setting kamera seperti sebelumnya. Hasil sama untuk semua mode metering, spot metering lebih unggul sedikit. Subyek cerah terang dengan latar gelap.

Di dalam ruangan (indoor) — belajar memotret ‘model’, di dalam ruangan. Cahaya berasal dari sinar matahari dan lampu.
metering modelKiri, tengah: penerangan matahari sore, AWB, EV=-2/3, mode spot metering.
Kanan: penerangan lampu, pindahkan setting ke ‘Lampu’ (tungsten). EV=0, mode spot metering.

Analisa

  1. Spot metering 1 — arahkan spot metering ke subyek utama lalu kunci setting dengan menekan tombol ‘Enter’ (‘Func/Set’ untuk Canon). Mulai memotret.
  2. Spot metering 2 — paling cocok untuk kondisi kontras di mana subyek gelap. Untuk tidak kontras, mode spot tetap bisa dipakai untuk menonjolkan subyek.
  3. Detil — latar sekitar subyek yang hilang karena cahaya berlebihan alias ‘OE’, dikompensasi dengan menurunkan EV.
  4. Memotret ‘model’ — arahkan spot metering ke kening atau batang hidung di antara 2 mata, ‘Enter’ (‘Func/Set’ di Canon). Bidik mata subyek utama sampai fokus. Pret!

    Setting AWB sebaiknya dipindah ke ‘Awan’ (mendung, bayang-bayang). Belum coba. Sinar matahari meskipun tidak langsung mengenai subyek, masih terasa ‘keras’ sehingga warna kulit dan bayangannya kontras. Menurunkan EV=-2/3 tidak menolong banyak.

    Koreksi dengan editor foto sehingga hasil seperti di atas. Kurangi kontras dengan tetap mempertahankan kesan 3 dimensi (3D) dan warna alami. Amati foto kiri dan tengah. Keduanya duduk berdampingan satu terkena imbas bayang-bayang satunya. Siapa lebih dekat ke sumber cahaya?

    Sumber lampu lebih sukar. Ada lebih 1 lampu, semua terletak di samping dan belakang wajah (anak tetangga). (Untuk menilai foto ini, kurang tepat diletakkan bersebelahan foto lainnya.)

Kesimpulan — (1) aplikasi spot metering memotret untuk kondisi kontras, memotret model, dan belum coba, memotret ..matahari terbenam (2) spot metering bekerja berpasangan dengan EV.

Dari hasil ini seperti apa gabungan foto dengan mode metering atau EV berbeda, dan seberapa jauh peran kontras dan bayangan memberi efek ruang atau kedalaman alias 3D.
 
:D