Tips Mengatasi Gagal Fokus

Posted on 18/04/2013

0


Fokus di kamera saku digital tidak bisa kita kendalikan. Fokus dilakukan otomatis. Setting yang ada hanya ‘Focus Lock’ dan  ‘Focus Check’. ‘Focus lock’ untuk memotret subyek yang sukar fokus; ‘Focus Check’ untuk melihat fokus pada subyek, terutama wajah. Memotret diulang kalau mata subyek terpejam atau setengah terpejam, atau senyumnya belum …’cheezze’!

Pengetahuan

Fokus adalah faktor penentu keberhasilan sebuah foto. Tidak fokus tidak ada yang mau menengok.

AF frameGagal fokus — tampilnya jendela hijau di LCD artinya fokus.  Jendela tidak ada berarti tidak fokus. Banyak faktor penyebab gagal fokus antara lain subyek gelap, sangat terang, bergerak, dikelilingi latar tengah dan belakang yang terlalu dekat sehingga terkesan ramai, terhalang kaca, dst.

Pemfokusan terpaksa dilakukan manual, yang sayang fiturnya tidak tersedia di kamera saku digital (Canon IXUS). Hanya ada ‘Focus Lock’ dan ‘Focus Check’. Apa yang bisa diperbuat kedua setting membantu pemfokusan agar tidak gagal?

‘Focus Lock 1’ — mengunci fokus. Tekan dan tahan tombol rana setengah sampai waktunya memotret. Kalau subyek tidak ketemu fokusnya, cari benda di sekitar yang mudah difokus dengan jarak kira-kira sama dengan subyek ke kamera. Tekan tombol rana setengah, jendelah fokus hijau tampil, tahan tombol, arahkan kamera kembali ke subyek, tekan tombol penuh. Pret!

‘Focus Lock 2’ — sama dengan diatas dengan subyek fokus pada posisi di tengah ruang bidik. Pertahankan menekan tombol setengah, jangan dilepas, arahkan kamera mengejar komposisi bagus. Pret!

tombol AFL‘Focus Lock 3’ — berlaku untuk kedua cara di atas dengan me’mati’kan menekan tombol setengah oleh tombol ‘lock’ seperti gambar di samping.

Muncul tulisan ‘AFL’ (Auto Focus Lock) di LCD. Menekan tombol bisa dilepas. Kamera bebas digerakkan untuk mengatur komposisi sebelum memotret. Pret!

‘Focus Check’ — untuk melihat zona fokus subyek sebelum memotret (‘AF-Point Zoom’) dan sesudah memotret (‘Review Info’).  Tekan tombol ‘Menu’. Cari ‘AF-Point Zoom’ dan aktifkan.  Jendela fokus hijau berubah kaca pembesar membesarkan bagian fokus di tengah jendela bidik.

Tekan tombol ‘Menu’ dan pilih ‘Review Info’. Pilih submenu ‘Focus Check’. Jepret subyek. Sebuah kaca pembesar tampil untuk melihat fokus wajah subyek.
Fokus lock dan setting‘Focus check’ hanya untuk monitoring dan tidak bisa mengubah setting fokus.

Memotret

Setting kamera awal: manual, A=2.8, ISO=100, AWB, lampu kilat padam, mode bidik=normal dan makro, mode fokus=Center.

Memotret di luar ruangan, mode bidik normal; memotret di dalam ruangan mode makro. Subyek fokus di tengah dan dikunci untuk referensi.
FokusLockSetting1Ini hasil jepretannya:
FokusLockSetting2Kiri: diperoleh dari 2 sudut pengambilan dalam arah vertikal (memotret jongkok) dan arah horisontal dari pinggir. Kanan: diperoleh dalam arah maju (mendekat); fokus tidak diubah (atas) dan diubah (bawah).

Analisa

  1. Subyek papan peringatan: sudut pengambilan arah horisontal maupun vertikal tetap fokus. Subyek asbak: sudut pengambilan arah maju atau mendekat subyek terlihat tidak fokus alias ‘blur’ (atas). Bandingkan subyek yang difokus ulang dengan tanpa ‘lock’ (bawah)
  2. Jarak berubah fokus pasti berubah. Dugaan memotret arah horisontal dan vertikal terlihat fokus karena subyek masih berada dalam batas ruang tajam alias DOF.
  3. Kemungkinan lain, kamera menghafalkan subyek seperti mode fokus ‘Face Detect’. Saat berpindah kamera menghitung jarak fokus baru subyek diam-diam.

    Teknik ini disebut pengenalan pola atau ‘pattern recognition’. Tidak heran kamera baru mau menjepret kalau subyek (orang) tersenyum! (Seperti gambar paling atas.) Dari mana dia tahu? Canggih. Kalau mata terpejam bisa dideteksi, fitur ‘Focus Check’ bisa dihapus dari kamera.

Focus lock dan komposisiKesimpulan — (1) ‘Focus Lock’ tidak berguna untuk memotret arah maju-mundur (2) ‘Focus Lock’ berguna memotret arah horisontal dan vertikal selama masih di dalam batas ruang tajam DOF (lihat gambar) (3) Program kamera yang kian canggih banyak mengurangi tingkat kegagalan fokus.
 
:D