Pilih Mana Normal Fine Atau Super Fine

Posted on 24/04/2013

0


Ketiganya setting untuk kualitas foto.  Apa bedanya, bukannya kualitas foto sudah diatur paling bagus? Betul kalau sekedar hanya memotret dan puas dengan hasil yang diperoleh. Tidak perlu repot setting, taruh di ‘Normal’ dan pret! Selesai.

Menu kompresi fotoDalam dunia fotografi digital, kualitas dan ukuran berkas saling berlawanan. Kita harus kompromi memilih kualitas bagus ukuran berkas besar, atau, kualitas kurang ukuran berkas kecil. Inginnya ‘sih foto kualitas top dan ukuran berkas kecil. Tidak bisa, itulah sebabnya diadakan setting ‘Normal’, ‘Fine’ (halus), ‘Super Fine’ (sangat halus).
 

Pengetahuan

Kualitas — ‘Super Fine’ paling tinggi kualitasnya tetapi ukuran berkas juga paling besar. ‘Normal’ kualitas lebih rendah (tidak berarti buruk!) dengan ukuran berkas paling kecil. Kualitas foto terkait kualitas foto cetak atau print. Kalau kualitas cetak foto, misalnya untuk poster ukuran besar, sudah bagus dari setting ‘Normal’, kita pilih ‘Normal’. Kalau tidak?

Kompresi — gambar hasil sensor kamera adalah asli karena direkam langsung melalui lensa. Ukuran berkas sangat besar (sama dengan megapiksel kamera). Komputer kamera menekan ukuran dengan mengubah dan menghapus sebagian data dengan cara yang kita kenal sebagai kompresi ‘jpg’ atau ‘jpeg’, tanpa mengorbankan kualitas.

Setting ‘Normal’, ‘Fine’, ‘Super Fine’, adalah hasil kompresi ‘jpg’ tingkat tertentu. ‘Normal’ terkecil karena banyak data yang diubah atau dihilangkan. Tetapi mata masih melihat sebagai foto bagus!

Kita bandingkan foto yang sama dengan setting masing-masing

Memotret

Setting: manual, A=2.8, ISO=100, EV=+2/3, lampu kilat=’On’, tripod, kondisi malam hari dengan 1 lampu penerangan jalan.

Ini foto asli, tidak direkayasa, hanya diperkecil untuk blog ini.
Size FINE ResizeFoto kita crop (kotak putih, 100% = 240×180 piksel) untuk diamati kualitasnya.

Hasilnya seperti ini,
Size PerbandinganSilakan menilai sendiri setting mana yang cocok dipakai dan untuk apa.

Analisa

  1. Perbedaan kualitas foto setting Normal, Fine, Super Fine, ada dan baru nyata setelah diperbesar. Pada ukuran orisinal perbedaan tidak kentara.
  2. Untuk mengejar kualitas cetak berukuran besar pilih Fine atau Super Fine; untuk blog/website cukup Normal.

Kesimpulan — pemlihan sifatnya relatif, masing-masing ada aplikasinya sendiri. Kalau detil tidak terlalu penting, pilih Normal. Paling aman simpan semua; tidak perlu berhemat karena harga memori sekarang sudah bukan masalah lagi. Yang pasti, ukuran berkas kecil (Normal) mempercepat waktu tayang foto di blog/website!

:D