Color Accent Dan Color Swap

Posted on 30/04/2013

0


Ingin membuat subyek tampil beda? Cari fitur ‘Color Accent’ di kamera. Bidik warna yang hendak ditonjolkan, pret! Mengganti warna subyek dengan warna lain biar lebih keren? Ada fitur ‘Color Swap’. Bidik warna yang hendak ditukar (swap), pret! Kedua fitur ini masuk kategori memotret kreatif, untuk ‘fun’, dengan memainkan warna.

Memotret

ColorAccent settingColor Accent — fitur menonjolkan subyek melalui warna; warna yang dipilih akan dipertahankan, warna lainnya akan diubah menjadi hitam-putih.

Pindahkan mode memotret ke ‘Color Accent’. Tekan ‘Enter’ (tombol Set, pada Canon). Tekan ‘Disp’ untuk setting. Pilih warna yang hendak ditonjolkan, tekan tombol ‘panah-kiri’ sampai warna muncul di jendela ‘1’. Beres. Arahkan ke subyek, fokus, pret!

Di sebelah kiri jendela ‘1’ ada skala -5 sampai +5. Skala adalah setting toleransi; ‘-5’ menampilkan warna yang ditonjolkan, ‘+5’ ikut menampilkan warna dekat dengan warna yang ditonjolkan.
ColorAccentWarna baju kuning kecokelatan menjadi sasaran. Setting ‘+5’ menyebabkan warna cokelat meja ikut terbawa. Peran warna pada ‘+5’ dan ‘-5’ lebih jelas terlihat pada gambar berikut.
ColorAccent Hidran
 
ColorSwap settingColor Swap — fitur untuk menukar warna; warna asal diganti warna lain yang diambil dari sekitar atau tempat lain.

Alihkan mode ke ‘Color Swap’, tekan ‘Enter’, tekan ‘Disp’. Bidik warna asal yang hendak ditukar lalu tekan tombol ‘panah-kiri’ hingga warna muncul di jendela ‘1’. Bidik warna penukar, tekan tombol ‘panah-kanan’ sampai warna muncul di jendela ‘2’. Beres. Bidik subyek, fokus, pret!

Gunakan setting toleransi ‘-5’ sampai ‘+5’ untuk menampilkan warna yang berdekatan dengan warna baru.

Berikut contoh setting ‘+5’.
Colorswap MawarMerah ditukar biru; tidak semua warna merah kelopak bunga berganti biru. Warna foto berikut lebih merata.
Colorswap Bulan

Analisa

‘Color Accent’ dan ‘Color Swap’ berlaku untuk warna tunggal yang ditunjukkan jendela ‘1’ dan ‘2’. Efek tidak memerlukan teknik khusus karena semua dilakukan otomatis di kamera. Efek juga bisa diperoleh memakai editor foto seperti Photoshop atau GIMP.
 
 
:D  (ada 1 setting warna lagi, penting untuk mengoreksi warna kulit)