Pakailah Lensa Di Atas 55mm Untuk Potret

Posted on 02/05/2013

1


‘Potret’ adalah terjemahan portrait, yaitu memotret orang atau sekumpulan orang. Memotret model di lomba foto termasuk ‘potret’. Pada lomba foto pertama memakai kamera saku digital, pada lomba foto ke dua memakai kamera ‘saku’ DSLR.

IXUS LensLihat tulisan yang tertera di atas lensa kamera saku digital, dalam hal ini, 6,2mm – 18,6mm. Kalau sensor dan lensa kamera saku digital dibesarkan seukuran kamera DSLR, maka lensa yang menempel di kamera saku setara 38mm – 114mm! Wow.. tak kalah canggih ya!

Artinya kamera saku bisa memotret subyek jarak dekat dengan memposisikan lensa di 6,2mm (38mm), disebut wide angle atau W, atau memotret subyek jarak jauh di posisi 18,6mm. Disebut telefoto, tele, atau T.
 
Kita biasa memakai T untuk mendekatkan subyek jauh dan tak pernah terpikirkan untuk memotret subyek dekat. Memangnya kenapa? Lensa T bisa dipakai memotret subyek dekat bahkan hasilnya lebih baik dari W! Coba lihat model botol berikut,

IXUS Lens WideTelePaling kiri hasil W, 2 gambar di kanan hasil T. Di paling kanan lensa T difungsikan sebagai ‘zoom’ untuk mendekatkan yang jauh. Di sebelahnya kita bergerak mundur sampai botol tepat memenuhi bingkai potret seperti W.

‘Eh botol tidak sama besar. Mana yang betul? Hasil W memang lebih terlihat ‘botol’ tapi yang benar, T. Proporsi ukuran botol T lebih mendekati botol asli; W terlalu ramping. Ini sifat lensa sudut lebar yang mendistorsi dimensi subyek khususnya pada jarak dekat.

Ganti botol dengan wajah nona cantik, sama saja. Ini cuplikan situs www.stepheneastwood.com (atau klik gambar):

LensDistortEastwood

white

Lensa sudut lebar (wide, W) lebih cocok untuk pemandangan (lanskap, landscape). Belum tahu apakah juga cocok untuk bangunan/arsitektur. Untuk memotret potret atau model orang tanpa terdistorsi pakailah lensa fokus panjang di atas 55mm (kelompok lensa panjang atau tele).
 
Untuk menambah pengetahuan, http://www.youtube.com/watch?v=HG-vPzrEONM.