Pen Tool Photoshop Untuk Selection

Posted on 09/05/2013

1


Jalankan Photoshop, buka gambar, pilih Pen tool dari toolbox di kiri. Gunakan Pen untuk membuat outline, menjiplak bentuk. Bersama tombol [Alt] dan tombol [Ctrl], dibuatlah titik dan garis outline lurus maupun lengkung yang sesuai. Outline kemudian diubah ke ‘selection’. Selesai.

Sayap SelectionKita mungkin berpikir, apa susahnya. Tidak pernah tahu hingga mencoba, apalagi kalau harus selesai cepat. Tidak ada bahasan metoda menyelesaikan cepat ‘Selection’ kecuali dengan tool yang ada dan prosedur standar. Mungkin terlewat atau saya tersesat menyalahi prosedur.

Hasilnya sudah kita lihat di ‘Belajar Photoshop Pertamakali’ posting lalu. Senang karena berhasil, sekarang mau berbagi tips dan trik membuatnya.

Seleksi

Sayap MagicW SelectionSeleksi cepat biasanya memakai tool ‘Magic Wand’. Tidak selalu cocok. Lihat gambar di samping, harus bekerja keras untuk melengkapi seleksi. Selain tidak sekali jadi, terkadang salah memilih kalau batasnya kurang kontras. Seleksi dikendalikan sepenuhnya oleh Photoshop.

Pen adalah tool untuk menggambar yang bisa berfungsi ganda untuk ‘Selection’ karena Photoshop menyediakan sarana konversi gambar outline ke selection. Pilihan jatuh ke Pen karena kitalah yang mengendalikan proses.

Tombol [Alt] dan [Ctrl] Yang Gesit

Huruf S Outline KasarLangsung ke contoh sederhana. Semua pasti bisa membuat outline kasar gambar huruf ‘S’ di samping memakai tool Pen.

Tugas kita berikutnya mengubah garis lurus jadi lengkung mengikuti bentuk. Proses mendasar yang perlu dikuasai ditunjukkan oleh gambar berseri di bawah.

Gambar-1: Tekan [Alt] + klik titik-2. Muncul ‘tanduk’ di kiri dan kanan titik, diikuti garis yang mulai melengkung! Asyik, satu sudah pas, satu lagi belum.

Gambar-2: Tekan [Alt] + klik titik-tanduk (kanan). Coba ubah-ubah arah dan panjang tanduk sampai kurva mendekati bentuk huruf. Kalau belum pas, buat tanduk titik berikutnya (titik-3) untuk membantu. Sekarang pas.Urutan-OutlineGambar-3: Eh, 1 tanduk titik-3 hilang. Tekan [Ctrl] + klik titik-3. Tanduk muncul kembali. Tanduk perlu untuk mengatur sudut kurva yang keluar dari titik-3 (dan masuk ke titik-4).

Gambar-4: Ciptakan kurva di titik-4. Tanduk titik-3 dan tanduk titik-4 kompak saling mengatur arah dan panjang tanduk masing-masing sampai kurva pas dengan huruf.

Urutan-SelectionGambar-5: Dan seterusnya, dan seterusnya. Proses diatas berulang. Sampai selesai. Di mana ada garis lurus, [Alt] tidak dipakai. Beginilah jadinya hasil outline akhir (gambar kiri).

Untuk menjadi ‘selection’, [Ctrl] [Enter]. Gambar kanan. Horee… ‘selection’ jadi. Cepat.

Simpan hasil sebagai berkas Photoshop untuk dipakai nanti. Untuk apa, belum tahu. Hehe…


Proyek Sayap

Metoda dicoba sekali lagi untuk model sayap pesawat. Outline kasar diperlihatkan di bawah.Outline draftSilakan lanjutkan sampai jadi sayap pesawat lebih sempurna dari gambar awal di atas. Sayap yang telah jadi, kita pakai nanti mendemokan meningkatkan estetika foto. Nantikan posting selanjutnya.

😀 (sayap lebih mudah? banyak garis lurusnya…)

Silakan pakai gambar untuk eksperimen:
(1) ‘Huruf-S’  (2) ‘Sayap Pesawat’

Posted in: Photoshop