Olah Foto Beruntun Jadi Satu Gambar

Posted on 15/05/2013

0


‘Continous Shooting’ adalah salah satu fitur di kamera yang sanggup memotret beruntun hanya dengan sekali menekan tombol. Seri foto diedit, diambil subyeknya, untuk kemudian bersama-sama disusun membentuk latar depan yang nanti ditaruh di atas satu latar belakang.

Latar Belakang

Untuk eksperimen ini kita memakai 3 foto; salahsatu foto dipilih jadi latar belakang (background). Sebagian foto akan dibuat buram atau blur.
LatarBelakangLakukan ‘selection’ membuat outline yang akan diblur dengan tool ‘Pen’ (gambar kiri). Selesai, tekan [Ctrl][Enter]. Garis outline berubah jadi ‘selection’ (gambar tengah). Klik menu ‘Filter’– ‘Blur’–‘Gaussian Blur’, atur setting blur sampai ke tingkat yang diinginkan (gambar kanan).

Latar belakang jadi. Mudah dan cepat. Simpan gambar.

Latar Depan

Persiapan — jalankan Photoshop, buka gambar ‘Latar Belakang’ yang barusan disusul ketiga foto beruntun (salahsatunya kita rekayasa jadi latar belakang).

Klik tool ‘Move’, drag atau seret gambar 1 ke ruang gambar latar belakang. Tutup gambar 1 karena tidak diperlukan lagi. Lakukan untuk gambar 2 dan tutup gambar. Begitu juga gambar 3. Gambar tinggal satu, gambar latar belakang yang dijejali oleh 3 gambar.

Berkas gambar diurutkan sesuai urutan menyeret gambar dan diberi nama dan nomor ‘Layer’ seperti ini,LatarDepan1Susunan berkas dapat dilihat di palet ‘Layer’ (gambar bawah kanan). Cobalah klik jendela ‘mata’ di palet untuk mengetahui gambar yang terdapat di setiap layer.

Latar depan — Ide membuat gambar latar depan sebenarnya  sederhana. Gambar layer kita hapus semua kecuali orang. Latar depan jadi.

Menghapus — Susah menghapus tiga gambar sekaligus. Harus satu demi satu, misalkan mulai dari Layer 3. Klik Layer 3. Untuk memudahkan bekerja padamkan Layer 1 dan 2 (klik ‘mata’) dan atur ‘Opacity’ Layer 3 sekitar 50 %. Oke, geser posisi Layer 3 sampai berimpit dengan ‘Background’. Lihat gambar bawah (tengah atas).LatarDepan2Mulai menghapus. Naikkan ‘Opacity’ 80-90 % dan padamkan ‘Background’. Lakukan ‘selection’ dengan menghapus melingkari orang secara kasar dulu untuk pengamanan. Lihat gambar.

Hapus total gambar di luar lingkaran. Biar cepat perkecil gambar dan perbesar ukuran penghapus. Sekarang perbesar gambar tool dan perkecil ukuran penghapus untuk memperhalus menghapus bagian detil di dalam lingkaran.

Zoom: klik ‘Kaca Pembesar’, klik gambar; memperkecil tekan [Alt], klik gambar; kembali ke ukuran 100 %, klik-klik ‘Kaca Pembesar’. Alternatif, tekan [Ctrl][+] dan [Ctrl][-].
Penghapus: memperbesar tekan ‘]’, memperkecil tekan ‘[‘.

Periksa kembali — Sempurna? Cek kembali. Kembalikan ukuran gambar ke 100 % (ada tulisan di kiri bawah ruang gambar) dan ‘Opacity’ 100 %. Nyalakan ‘Background’, amati hasil, lakukan koreksi. Sip, Layer 3 selesai.

Lakukan hal serupa untuk Layer 1 dan Layer 2. Siip… jadi deh latar depan.

Hasil Akhir

Lebur semua layer dengan [Ctrl][Shift][Alt] + [E]. Hasil disimpan di layer baru, Layer 4. Simpan gambar. Hasil, lihat gambar berikut.

Di kiri, latar depan kumpulan 3 layer. Di tengah, latar depan dilebur dengan ‘Background’ blur, dan di kanan dilebur dengan ‘Background’ orisinal. Untuk pembanding melihat mana lebih bagus.
Mulishot-in-oneHoree… gambarnya cantik! Terimakasih kamera saku digital, terimakasih PS CS2.

Belajar — Gambar kanan bagus juga; pak polisi masih menarik perhatian berkat warna kuning rompi yang mencolok dibandingkan lingkungan sekitarnya. (Warna langit ada baiknya digelapkan sedikit.)

‘Oops’ — ups, terlanjur salah saat mengedit. Tekan [Ctrl] [Alt] [Z] berkali-kali. Atau, masuk ke palet ‘History’, klik sesi gambar yang diperlukan.

Update: ‘Selection’, waduh hilang! Simpan seleksi, menu ‘Select’ — ‘Save Selection’. Beri nama. Selesai mengedit segera simpan berkas format Photoshop (.PSD). Nanti saat membuka berkas, panggil ‘selection’ via ‘Select’ — ‘Load Selection’. Klik nama seleksi. Horee.. seleksi hadir.

 
:D  (kreatif, ganti latar belakang dengan gambar sembarang)

Gambar untuk eksperimen: Gambar-1.jpgGambar-2.jpgGambar-3.jpg

 

Posted in: Photoshop