Quick Mask Seleksi Cepat Dan Akurat

Posted on 18/05/2013

0


‘Quick’ itu artinya cepat dan ‘mask’ artinya ‘topeng’; jadi ‘topeng cepat’ adalah membuat penutup agar tidak terlihat (atau terlihat). Tool seleksi ‘lasso’, ‘marquee’, Pen, Eraser dipakai pada bentuk dan geometri yang sederhana dan jelas. Pada bentuk yang rumit dan susah seperti bulu binatang dan uraian rambut model nona cantik, ada tool tersendiri, Quick Mask!

Tool ‘Magic Wand’ alias tongkat ajaib pesulap semula dimaksudkan mengatasi kasus seperti itu. Tidak mudah (dan tetap tidak mudah) karena hasilnya kurang akurat. Akhirnya muncul tool baru, ‘Quick Mask. Kita lihat langsung di lapangan.

Quick Mask

‘Selection’ atau seleksi adalah mengisolasi bagian tertentu gambar untuk dikoreksi atau diperbaiki, atau diambil latar depannya dan memasangkan dengan latar belakang baru. Selain tool ‘Selection’ ada satu teknik seleksi tertentu, yaitu menutupi bagian yang diperlukan dengan ‘topeng’ alias ‘mask’. Sisanya dihapus. Seleksi selesai. Nama teknik ini, Quick Mask.

Teknik Quick Mask diperlihatkan seri gambar di bawah.qmask stepsTidak ada yang aneh atau istimewa, semua gamblang dan gampang. Mirip tool Pen, Lasso dipakai menggambar mengamankan ‘latar depan’. Terjadi seleksi kasar. Perhalus dengan Quick Mask.

Persiapan — jalankan Photoshop, buka gambar, tekan [Ctrl][J]. Kita selalu bekerja dengan salinannya. Ada? Sip.

Membuat mask — pastikan warna tinta latar depan adalah hitam sebelum memunculkan mask. Oke, klik mode ‘Quick Mask’ (tool boks, di bawah), atau tekan [Q]. Muncul mask warna merah; di sini terbalik, mask menutup bagian yang tidak diperlukan. Sama saja.

Selesaikan mask dengan ‘Brush’ alias kuas hingga tepat menyentuh bibir/tepi ‘latar depan’. Klik ‘Hardness’ = 100% ((lihat opsi setting kuas di baris atas), ; perbesar gambar dan perkecil kuas untuk melihat detil. Beres, cek kembali dengan menekan [Q]. Tekan [Q] lagi untuk kembali mengedit. Bolak-balik, sampai dirasa sempurna.

Oops — ups, waduh kelewatan. Tekan [X] untuk menghapus, tekan [X] lagi untuk menggambar. Begitu bolak-balik.

Waduh perbatasannya samar, keabuan, kontras rendah? Dibikin gampang, yang kira-kira tidak terlalu penting ditimpa saja; yang penting pertahankan atau timpa dengan mask lebih transparan. Ubah ‘Opacity’ kuas kurang dari 10% dan kekerasan kuas sekitar 10 saja. Dituntut ketekunan dan sa..baaar. Begitulah ketrampilan terbentuk.

Beres? Simpan seleksi supaya tidak hilang (menu ‘Select’–‘Save Selection…’). Seleksi boleh dipindahkan ke layer baru [Ctrl][J]. Simpan pekerjaan yang melelahkan ini. Atau, drag/seret seleksi dengan ‘Move’ atau salin [Ctrl][C] dan pindahkan ke latar belakang baru [Ctrl][V].

Hasil

Horee… setelah bolak-balik [Q] dan [X], bolak-balik [Ctrl][+] dan [Ctrl][-] untuk mengubah dimensi gambar, ‘[‘ dan ‘]’ untuk mengubah ukuran kuas, mengubah opacity, mengubah kekerasan, akhirnya seleksi Quick Mask jadi juga!qmask comparisonGambar, hasil sebelum dan sesudah diedit. Amati helai rambut yang dikorbankan. Masih jauh dari hasil studio! Belum cukup tekun dan sabar ..hehe.

Kesimpulan — Misi seleksi adalah harus seakurat mungkin. Karena prosesnya lama, terutama pada bentuk rumit dan detil seperti bulu binatang atau rambut, dicari metoda mempercepat. Quick Mask salahsatu, ada beberapa teknik lain memanfaatkan tool yang ada. Kita coba kapan-kapan.

Kita mungkin berpikir ‘kok repot amat harus sampai detil. Pikirkan gambar mau diprint, diperbesar jadi poster. Ih ma..luu, belepotan, ketahuan malasnya!

Kalau sudah trampil memainkan seleksi Quick Mask menghilangkan latar belakang nona cantik dengan rambut berkibar urusan mudah, ya.

 
:D  (inilah prestasi belajar otodidak Kamera dan Photoshop dalam 100 hari ngeblog)
 

Posted in: Photoshop