Seleksi Rambut Dengan Mask Channel

Posted on 21/05/2013

1


Memisahkan bentuk latar depan rumit seperti rambut (bulu), sukar memakai tool Pen atau Quick Mask. Dan lama. Ada fitur mask di Photoshop untuk membuat seleksi rumit seperti rambut, melalui ‘Channel’ yang selama ini belum tersentuh. Mask akan disibuki pemakaian tool dan menu Photoshop hingga seleksi tuntas.

Mask Channel

Jalankan Photoshop, buka 2 berkas, berkas Quick Mask yang dibuat di posting lalu dan berkas gambar baru. Cobalah perika palet ‘Channel’ masing-masing.Tongue chIntroPada palet Channel berkas Quick Mask ada mask seleksi, pada berkas gambar baru week!.. tidak ada. Isinya gambar ‘induk’ dan 3 gambar ‘anak’. Kalau dibesarkan seperti ini:Tongue-chAllGambar ‘anak’ yaitu ‘R’ (red, merah), ‘G’ (green, hijau), ‘B’ (blue, biru) adalah elemen pembangun warna gambar induk yang disajikan dalam hitam-putih.

Mask seleksi — cirinya gampang, mask adalah hitam-putih; isi ada 2, siluet latar depan (putih) dan latar belakang (hitam). Kita akan memilih salahsatu gambar ‘anak’ dari palet Channel untuk dijadikan mask seleksi hitam-putih.

Yang mana? Sasaran utama kita adalah rambut (wajah tidak penting). Ambil daerah perbatasan rambut yang kontras terhadap latar belakangnya. Gambar ‘G’ (Green, hijau) atau ‘B’ (Blue, biru) bisa dipakai. Misalkan terpilih ‘B’.

Tongue-chB-Calc1-GmbMembuat mask — padamkan yang lain, klik gambar ‘B’. Pergi ke menu ‘Image’-‘Calculations…’. Terbuka jendela dialog seperti ini:

Di kotak ‘Blending’ pilih tipe olah gambar yang menghasilkan kontras lebih dari yang tadi, atau yang mudah dibuat kontras (penting). Pada contoh ‘Linear Dodge’ dengan hasil diperlihatkan di ‘inset’. Untuk gambar lain tipe atau modenya bisa lain.

Klik [OK]. Horee.. mask seleksi muncul di palet Channel! Nama, ‘Alpha 1’. Otomatis.

Hitam-putih, kontras — ‘Alpha 1’ belum hitam-putih. Masih ada abu-abunya. Gunakan kuas menghitamkan bagian yang sudah pasti hitam. Jangan ganggu perbatasan rambut, biarkan abu-abu. Lihat gambar bawah, kedua dari kiri.

Sekarang selesaikan perbatasan. Buat seleksi dengan ‘Marquee’. Seleksi lokal akan kita kutak-katik meniadakan abu-abu untuk mempertegas hitam-putihnya. Pergi ke menu ‘Image’-‘Levels…’. Geser tombol slider ‘hitam’, ‘abu’, ‘putih’ untuk mendapatkan kontras hitam-putih yang jelas tanpa kehilangan detil rambut. (Penjelasan ‘Levels’ posting berikutnya.) Tongue-chB-3-teksSelesai, tekan [Ctrl][D] untuk memadamkan seleksi. Ulangi seleksi dan ‘Levels…’ untuk bagian yang sebelahnya lagi. Beres. Siip!

Uji mask seleksi — kalau benar hasilnya seperti gambar bawah kiri. Latar depan hitam harus jadi putih, balik dengan menekan [Ctrl][I]. Selesai? Belum, sedikit lagi… .
Tongue-chB-4-teksUji mask seleksi; nyalakan satu gambar ‘anak’, misalnya ‘G’. ‘Nah masih kelihatan yang kelebihan dan yang kekurangan. Koreksi dengan kuas di ‘Alpha 1’. Balik warna kuas dengan tombol [X] kalau salah. Beres!

Pindah ke palet ‘Layer’. Salin gambar induk, [Ctrl][J]. Terapkan seleksi ke gambar dengan mengunduh dari menu ‘Select’-‘Load Selections…’, klik ‘Alpha 1’. Horee… gambar induk terseleksi (gambar atas, kanan).

Gambar seleksi siap dipindah ke latar belakang baru misalnya ini,passport-childWeek! ..mask seleksi ternyata bisa tanpa Quick Mask.
 
:D  
 

Posted in: Photoshop