Level Hitam Putih Untuk Seleksi Rambut

Posted on 24/05/2013

0


Seleksi mudah kalau geometrinya jelas atau latar depan kontras terhadap latar belakang. Seleksi rambut dengan tool seleksi biasa atau tool Pen lumatyan susah. Biarkan Photoshop mengolahnya dulu sampai kontras, kita akhiri mewarnai latar dengan hitam putih. Satu teknik populer membuat kontras atau hitam putih adalah melalui histogram ‘Level’ Photoshop.

Hitam-Putih, Gelap-Terang

Gambar rambut (dan bukan rambut) dibuat kontras terhadap latar belakang dengan kutak-katik histogram ‘Level’ Photoshop. Gambar ‘B’ (blue, biru) posting ‘seleksi rambut dengan mask Channel’ kemarin dipakai lagi.

Mask Channel — Mask dibuat tidak melalui ‘Image’-‘Calculations’ tetapi dengan menyeret gambar ‘B’ ke ‘Create new channel’ di bawah, di samping ikon ‘Tong sampah’. Nama mask, ‘Blue copy’.01Buka ‘Levels…’ (menu ‘Image’-‘Adjustments’). Tombol pintas [Ctrl][L]. Muncul gambar histogram gunung di atas. Tiga slider di bawahnya: ‘black’, ‘mid’ (midtone), ‘white’ nanti dikutak-katik sampai mask ‘Blue copy’ kontras.

Histogram — sumbu mendatar menunjukkan nada hitam pekat (kiri) hingga putih (kanan). Sumbu tegak menunjukkan jumlah bintik nada tertentu di gambar. Kalau dipetakan bintik-bintik ini membentuk histogram ‘gunung’.

‘Gunung’ di sebelah kiri menandakan banyak bintik bernada hitam atau kehitaman. Nada putih, nihil (ada sedikit di ujung kanan). Artinya gambar hitam keabuan. Cocok.

‘White Balance’ — balance = timbangan. Slider ‘mid’ di tengah berperan sebagai penyeimbang menjaga lengan zona hitam (kiri) sama lebar dengan lengan zona putih (kanan). Menggeser slider ‘mid’ membuat gambar jadi terang atau gelap.03Gambar kiri: slider ‘mid’ geser ke kanan. Lengan zona hitam lebih lebar, gambar jadi gelap. Gambar kanan: slider ‘mid’ geser ke kiri, lengan zona putih lebih lebar. Ada putihnya, gambar jadi terang.

Kontras — Ketidakseimbangan juga terjadi dengan menggeser slider ‘black’ atau slider ‘white’; slider ‘black’ ke kanan gambar jadi gelap, slider ‘white’ ke kiri gambar jadi terang. Gampang ya. Tak cuma itu, penggeseran membuat gambar juga lebih kontras! Ini yang kita cari.02-03Tempatkan slider ‘black’ dan ‘white’ tepat di kaki ‘gunung’ seperti gambar kanan. Informasi nada ada di daerah ini. Kontras mencukupi untuk jadi mask seleksi.

Mask seleksi selesai dan siap diproses lebih lanjut.

Catatan kecil: saat menggeser slider apakah ‘black’ ke kanan atau ‘white’ ke kiri, selalu diikuti slider ‘mid’ untuk menjaga tetap seimbang! Beginikah cara kerja ‘automatic white balance’ (AWB) di kamera? Iya.

Mask Seleksi

Kontras masih kurang? Isolasi daerah perbatasan lalu tingkatkan kontras dengan histogram.04 05Baris atas, gambar kiri: perbatasan rambut diisolasi dengan ‘Marquee’. Buka ‘Level’ [Ctrl][L]; histogram lokal seperti sisir karena sebagian nada hitam dan putih sudah hilang.

Baris atas, gambar kanan: lanjutkan meningkatkan kontras dengan menggeser-geser slider. Cari batas kontras, upayakan detil hilang sesedikit mungkin! Manfaatkan slider ‘mid’ untuk membantu. Beres, sip. Tekan [Ctrl][D] untuk menghilangkan seleksi.

Baris bawah, gambar kiri dan kanan: ulangi proses bagian kanan. Oke, beres.

Edit detil — ada bagian yang masih samar, rambut kepala di kiri atas. Ulangi proses dengan seleksi lokal di daerah tersebut. Beres.06Selesai tahap ke 2. Berikutnya ‘komik’ menyelesaikan mask seleksi tahap akhir.

Tahap final — Baris atas: mewarnai dan menguji mask. Nyalakan salah satu gambar ‘anak’ dan amati mask. Koreksi.07 08Baris bawah: balik latar depan hitam jadi putih dengan [Ctrl][I], kembali ke palet Layer, salin gambar utama [Ctrl][J], dan terapkan mask seleksi via menu ‘Select’-‘Load Selection…’. Klik ‘Blue copy’.

Horee… gambar utama terseleksi. Mau dipasang di latar belakang apa?

Diskusi

Kontras tinggi terjadi dengan mendekatkan slider ‘black’ dan ‘white’. Waspadai detil hilang.

Proses bolak-balik histogram ‘Level’, mudah tetapi relatif lama. Lakukan pewarnaan hitam-putih lebih awal dan sisakan daerah perbatasan untuk diolah dengan histogram.

Histogram ‘Level’ sudah memadai untuk seleksi rambut sederhana. Pada kasus lebih rumit seperti tetesan air atau batas yang kurang kontras ‘Level’ tidak cukup. Semua tool Photoshop terkait kontras dikerahkan habis! Menu ‘Image’-‘Calculations’, ‘Curve’, ‘Brightness-Contrast’, dan tool seleksi (‘Marquee’, ‘Lasso’, ‘Magic Wand’), beramai-ramai mengeroyok mask.Bali 2013Itulah yang dilakukan pada gambar di atas. Sabar, nanti sampai juga ke sana. Masih belajar.

Gambar gratis, bebas hak cipta dan bebas royalti dapat diunduh dari http://www.sxc.hu/. Harus registrasi dulu. Ada anak, ada Bali, ada model, … . Lengkap.
 
:D  (contoh aplikasi ‘Level’ dan histogram akan diperbanyak biar mahir.. mau?)