Inilah Teknik Canggih Seleksi Cipratan Air

Posted on 27/05/2013

0


Membuat mask seleksi di beberapa posting lalu tidak bisa diterapkan untuk model relatif rumit, rambut dan cipratan air, seperti gambar di bawah. Model seperti ini harus memakai mask yang berasal dari gambarnya sendiri. Dengan memilih tool dan menu yang tepat, termasuk pemakaian ‘Level’, kontras hitam-putih yang diperlukan membuat mask dari gambar sendiri, bisa dilakukan di Photoshop CS2.

HairSeawater-00Untuk Photoshop versi baru ini perkara kecil, untuk Photoshop CS2 perkara besar. Apa tidak bisa? Terus menekuni tool dan menu di PS akhirnya ketemu satu teknik seleksi canggih untuk bentuk cipratan air (dan rambut) yang agak rumit seperti gambar samping.

Layer: Bikin Mask Seleksi

Tidak ke palet Channel seperti sebelumnya, mask seleksi dimulai di palet Layer. Jalankan Photoshop, buka berkas gambar, dan buat salinannya untuk kita bekerja. Tekan [Ctrl][J].

Wah, gambarnya sedikit gelap. Dibikin mudah, klik ‘Auto Levels’ dan ‘Auto Contrast’ di menu ‘Image’-‘Adjustments’. Beres.

HairSea-layer1-bodiLayer baru: Channel Mixer — untuk calon mask seleksi. Klik ‘Create new fill or adjustment layer’ ikon di bawah palet, klik ‘Channel Mixer…’. Kotak dialog terbuka, klik ‘Monochrome’. Jadilah hitam-putih. Atur slider ‘RGB’ untuk mendapatkan kontras tinggi. Mask selesai, nanti diedit lanjut di Channel.

Hehe.. gampang.

HairSea-layer2-hairItu tadi untuk ‘bodi’ (dan rambut). Kita perlu 1 lagi untuk cipratan air. Ulangi layer ‘Channel Mixer’ baru, atur ‘RGB’ hingga cipratan air kontras. Lainnya jangan hiraukan, termasuk ‘bodi’. Kita sudah punya masknya.

Channel: Edit Mask Seleksi

Mask ‘bodi’ dan ‘cipratan air’ Layer kita salin ke Channel. Satu per satu. Pilih mask, klik [Ctrl][A], klik [Ctrl][Shift][C]. Masuk ke palet Channel, siapkan wadah baru mask, klik ‘Create new channel’ di samping ikon ‘tong sampah’. Tekan [Ctrl][V]. Selesai. Nama mask ‘Alpha 1’.

HairSea-channel-1Hehe.. masih gampang. Ulangi mask ke 2. Nama mask ‘Alpha 2. Sip. Lihat palet Channel, gambar kiri, ada 2 mask.

Edit mask ‘Alpha 2’ (bodi) — relatif mudah, karena jelas batasnya. Gunakan tool seleksi ‘Magic Wand’, klik di bodi. Horee… bodi dan rambut terseleksi. Koreksi batas seleksi dengan menambah atau mengurangi ‘garis seleksi’ sampai tercakup sempurna. Juga periksa ulang dengan bantuan gambar ‘R’, ‘G’, atau ‘B’.

Tips: Kontras dengan ‘RGB’ di Layer, tidak merata; ‘Level’ dan ‘Brightness/Contrast’ membantu agar tercapai kontras lebih tinggi sehingga mudah diseleksi. Uji dengan ‘Magic Wand’.

Seleksi sudah oke, tinggal hitam. Dengan seleksi masih aktif, klik ‘Edit’-‘Fill’, klik [OK] (warna latar depan alias ‘Foreground’, hitam). Sekarang bodi benar-benar hitam legam.

Ganti/balikkan untuk seleksi latar belakang, [Ctrl][Shift][I]. Klik ‘Edit’-‘Fill’, pilih ‘Background’, klik [OK]. Latar belakang sudah total putih murni. Hasilnya, ihat gambar kanan.

Oops.. ups, mask seleksi itu putih; balikkan, tekan [Ctrl][I].

HairSea-channel-2Edit mask ‘Alpha 1’ (cipratan air) — perlu kecermatan karena batas tidak jelas. Latar belakang juga tidak sama tingkat kegelapannya. Selesaikan bertahap, isolasi zona atau bagian berdasarkan kadar kegelapan seragam, kemudian cari kontrasnya dengan ‘Level’ dan ‘Brightness/Contrast’.

Kita hanya mengandalkan ‘Level’ dan ‘Brightness/Contrast’ untuk kontras. Kalau kontras cipratan air sudah selesai semua, hitamkan latar lain yang jelas hitam. Periksa lagi menyeluruh dengan ‘Level’ dan ‘Brightness/Contrast’.

Edit mask ‘Alpha 1’ dan ‘Alpha 2’ tuntas.

Channel: Mask Seleksi Final

HairSea-channel-00-mergeMask seleksi ‘Alpha 1’ (cipratan air) dan ‘Alpha 2’ (bodi, rambut) harus disatukan. Taruh mouse di atas salahsatu mask, tekan [Ctrl]. Muncul ‘garis seleksi’. Klik dan drag ke mask satunya. Horee.. ada. Baru tahu.

Seleksi sudah bergabung, yang aktif baru satu. Satunya lagi? Tekan [Ctrl][Shift] + klik. Horee… sekarang semua aktif terseleksi!

Kita beri seleksi tempat baru; klik ikon ‘Save selection as channel’. Horee.. ‘Alpha 3’ tampil berikut isinya. Mask seleksi jadi.

Selanjutnya prosedur biasa. Kembali ke palet Layer, klik gambar, unduh ‘Alpha 3’ via menu ‘Select’, siap dipasang di atas latar belakang baru. Contoh,Sun-Sea-Water

Mengkritik sendiri, waspadai latar belakang. Arah sinar matahari pura dan si nona cantik tidak sama. Cukup mengganggu mata, rambut amburadul (hehe.. ini hasil seleksi Photoshop).

Sumber gambar: http://www.sxc.hu/.
 
:D  (canggih, karena ketemunya baru sekarang)
 

Posted in: Photoshop