Seleksi Rambut Dan Air Super Rumit

Posted on 02/06/2013

0


Seleksi rambut terurai dan cipratan air punya tingkat kesulitan atau kerumitan lumayan tinggi. Kita akan mencoba seleksi sekali lagi rambut dan air super rumit. Langkah rinci tidak dibahas, hanya mengajak berpikir dari sekian banyak tool dan menu seleksi di Photoshop, mana sebaiknya harus dipilih untuk seleksi memperoleh hasil optimal.

Hasil browsing seleksi di internet membahas seleksi memakai tool dan menu tertentu. Gambarnya sudah bagus dan relatif mudah diseleksi. Yang dicari artikel membahas strategi seleksi. Belum ketemu.

Kontras

Langkah 1: meningkatkan kontras — Tidak semua gambar kontras jadi susah diseleksi khususnya rambut tergerai dan percikan air. Kalau ada tool dan menu seleksinya apa?

Upaya pertama adalah menaikkan kontras melalui tool dan menu ‘standar’ Photoshop. Di palet Layer ada Level, Curves, Brightness/Contrast. Kurang puas di tingkat palet Channel ada Mask R/G/B, Channel Mixer, Calculations (kita pernah mencobanya).

Langkah 2: memilah atau tidak — kontras sudah diperoleh, lanjut dengan seleksi. Seleksi rambut posting kemarin dipilah karena tingkat kontras latar depan dan belakang berbeda. Haruskah? Seharusnya tidak. Lihat nanti demonya di bawah.

Tool terpakai untuk seleksi: Selection (Marquee, Lasso, dst.), Brush, Dodge/Burn, Paint Bucket, Pen, …dst. Pokoknya, sibuk.

Horee.. mask seleksi jadi.

Contoh Seleksi Rumit

RambutRumit1-00aContoh 1 — Gambar kiri di atas adalah latar depan yang ingin dipadukan dengan latar belakang gambar tengah, menjadi gambar akhir seperti di kanan.

Warna latar belakang seragam (homogin). Kondisi ini membantu. Masalahnya, rambut terurai ada yang halus seperti serabut, dan bayangan di balik rambut.

Membuat mask utama tidak terlalu sukar. Gambar kiri dan tengah adalah mask seleksi sebelum dan sesudah di’invert’. Mask OK?RambutRumit1-00bKalau latar belakang kontras dengan warna bayangan rambut tipis yang keabuan, tidak oke. Bayang abu terlihat dan cukup mengganggu. Kalau latarnya selaras, oke.

Latar belakang di atas tidak oke. Warna abu harus dihapus. Bisa dengan ‘Eraser’, tetapi ribet. Menaikkan kontras dengan ‘Level’ atau lainnya, detil hilang. Jadi pakai penghapus ‘Dodge/Burn’. Jadinya seperti gambar kanan. Kurang bagus, kotor. Tidak terpakai.

Cara ke 2 melalui menu ‘Layer-Matting’, klik ‘Remove White Matte’. Horee! Hilang.

Contoh 2 — gambar di bawah lebih rumit dari contoh sebelumnya. Nada rambut dan air gelap dan terang, latar belakang tidak seragam. Waduh.. .RambutRumit2-02Kita tidak memilah gambar atas segmen atau bagian. Kita cukup jeli dan melihat latar belakang bisa dibagi 3 zona atau daerah, kiri, tengah, dan kanan. Blok ketiga zona dengan hitamnya mask.

Cara seleksinya bagaimana? Gunakan tool ‘Magnetic Lasso’ untuk zona masing-masing kemudian hitamkan serentak melalui menu ‘Edit’-‘Fill’-‘Black’. Otomatis!

Selesai mask hitam, seleksi di’invert’, [Ctrl][Shift][I]. Putihkan. Selesai mask putih. Tidak perlu di’invert’. Horee, mask jadi!

Warna abu di mask putih apa ya? Psst, ini rahasia. Lihat air di gambar kanan? Bening. Kalau nada abu lebih tua, air jadi lebih transparan, seperti contoh, kalau lebih muda kebeningan air lebih pekat.

Tidak susah-susah amat, ternyata.

RambutRumit3-00Contoh 3 — gambar di samping? Sepertinya mudah, latar belakang homogin. Masalahnya, tidak ada kontras antara rambut dengan latar belakang. Cara seleksi?

Belum tahu. Hehe… sudah coba beberapa kali, gagal.

Kesimpulan — tidak ada tool dan menu Photoshop khusus untuk seleksi rambut dan air yang super rumit. Pemilihan bergantung kondisi gambar.
 
:D  (kayak sulap.. ooh ‘gitu)
 

Posted in: Photoshop