Membuat Foto Panorama

Posted on 19/09/2013

1


Fotografi panorama adalah teknik membuat foto atau gambar dengan sudut atau bidang pandang yang sangat lebar. Foto dibangun oleh sederet foto yang digabungkan menjadi satu. Kamera saku digital umumnya dilengkapi fitur foto panorama. Coba periksa kamera dan manualnya.

Pada Canon IXUS 80 IS namanya ‘Stitch Assist..’. Klik ini muncul pilihan arah pemotretan, dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Pada gambar di bawah, dari kiri ke kanan. Tekan tombol [Set] untuk memulai. Pret! ..Pret! ..Pret! ..Pret! Kamera bisa menyimpan foto seri sebanyak 26 gambar. CanonIxus pano 01Kamera mengarahkan kita memotret saling tumpang-tindih agar memudahkan penyambungan. Lihat gambar. Beres. Gambar siap disambung di program Canon ‘Stitch’, gratis, khusus untuk ‘menjahit’ (stitch) foto.

Di dalam ruangan terbatas seperti di bawah bisa dibuat 5 ‘pret’. Kalau di luar tentu lebih banyak. Kita coba jahit gambar ini. Gambar ke 5 tidak dipakai karena hanya dinding putih kosong.CanonIxus pano 02

Jalankan program ‘Stitch’, tekan tombol ‘Open’ untuk membuka seri berkas gambar yang dibuat. Tidak berurutan tidak apa mudah dikoreksi nanti. Ada tombol ‘Arrange’ untuk mengurutkan. Ini hasil urutannya yang sudah benar,
CanonIxus pano 03Sekarang tekan tombol ‘Merge’. Zzzt… horee, jadi. Hebat sekali program ini! Menjahit gambar otomatis, rapi lagi. Kalau kita amati adegan orang di dalam gambar posisinya ada yang berbeda tetapi ‘Stitch’ pintar, memilih salahsatu sehingga gambar tidak bertumpuk. Hehe.. yang berdiri di belakang sana duduk lagi. Sebelum berkas disimpan, ‘Stitch’ memotong (krop) tepi gambar mengikuti garis hijau. Tekan tombol ‘Save’. Selesai.

Cepat sekali! Ini dia hasilnya,CanonIxus pano 04Wah, sedikit gelap di belakang sana. Edit sebentar di Photoshop, gambar tampak lebih baik.

Dengan ‘Stitch’ (atau Photostitch) gambar panorama tercipta cukup dengan 3 tombol saja. Program dapat diunduh dari internet, versi untuk membuat panorama di posting ini adalah 3.1.

Kalau kamera saku digital kita tidak menyediakan fitur panorama, jepret saja gambar banyak-banyak lalu sambung di ‘Stitch’. Beres!

Mungkin kita cukup sering melihat panorama bagus lanskap (landscape) gambar pegunungan, danau, sungai, atau pantai. Bosan, bagaimana kalau mencoba membuat panorama arah vertikal foto gedung tinggi menjulang langit berikut awannya. Atau panorama di dalam pusat perbelanjaan dari lantai dasar hingga lantai 5? Ide bagus, boleh juga ‘tuh meskipun agak susah karena orang berbelanja bergerak.
 
 
:D  (Photoshop juga bisa membuat panorama tetapi hasilnya kurang memuaskan)