Belajar Komposisi Pertamakali

Posted on 01/10/2013

2


Heritage-w-ModernBeauty-2436Melihat gambar foto para pemenang ‘Heritage with Modern Beauty’ (gambar bawah) dan membandingkan hasil jepretan sendiri di samping, hmm ..parah! Nyengir.

Bagaimana tak parah, gedung miring, model terlalu kiri memisahkan diri dari gedung mojok di balik pohon, orang berseliweran di latar belakang (istilahnya ‘bocor’, baru tahu) ikut terjepret, ..dst.
 
Maklum baru pertama. Masih harus banyak belajar dari foto pemenang. Sekilas dari gambar latar belakang gedung hampir memenuhi seluruh bingkai, sedangkan model sebagai latar depan hanya sedikit. Model dan gedung harus menonjol bersama tetapi karena keduanya tidak sama besar, tinggal pilih jepret keduanya tampak seimbang atau tunjukkan besar dan megahnya gedung terhadap model. Hehe.. penafsiran bebas.
LombaFotoCamZone2013-FB

Oke, ulang kembali lomba memotret model dengan tema sama, kali ini secara virtual. Empat gambar terpilih dari koleksi, siap direkayasa dikutak-katik di Photoshop (baris atas). Selesai. Diperoleh 1 gambar warna dan 1 hitam-putih di bawahnya,

Belajar Komposisi
Gedung dijepret sesaat sebelum lomba dimulai. Sayang pencahayaan berlebih, langit putih pucat, mana miring lagi. Datarkan gedung lebih dulu, susul mengisi langit dengan awan yang ditipiskan menunjukkan panas terik. Berikutnya atur kontras agar detil gedung dan sekitarnya seperti pohon dan teras, jelas dan menonjol. Latar belakang siap.

Dengan bantuan ‘seleksi’ Photoshop, 2 jepretan model yang tidak berlatar belakang gedung berhasil dilepas dari latar belakang asal untuk dipindah mengisi gambar latar belakang baru. Beres, latar depan siap.

Pindahkan latar depan ke latar belakang baru. Di mana? Diatur besarnya sehingga memenuhi 1/3 ruang gambar, di kiri atau kanan. Sisanya untuk gedung dan sekitarnya. Pemindahan selesai. Hasilnya 1 warna dan 1 hitam-putih di atas.

Ini hanya simulasi; gambar seharusnya sudah berada dalam ciptaan kita sebelum lomba dimulai. Pada saat lomba kita tinggal meminta model berpose begini-begitu persis seperti ciptaan tadi! Pret beberapa kali dan selesai. Tak harus berlama-lama.

Eksperimen komposisi pertama ini pasti bukan yang terbagus. Banyak variasi komposisi bisa dikembangkan dari gambar yang sama. Tetapi kesalahan jepret konyol tidak perlu terjadi kalau lokasi jepret, lintasan matahari, dan beberapa sketsa jepretan, sudah disurvai dan dibuat sebelumnya.

Panitia lomba tahu itu dan tak kalah pintar; tema dan lokasi jepret baru diumumkan mendadak menjelang lomba dimulai!
 
:D  (hai model, sebut namanya, boleh maju sedikit.. bagus, tangannya, lihat ke sini, siip… pret!)