Meluruskan Garis Horison Miring

Posted on 04/10/2013

1


Horison miring gridHorison gambar di samping miring, gedung ‘Villa Isola’ di lomba foto kemarin juga miring. Miring, karena lupa memposisikan kamera rata atau datar saat kita menjepret. Padahal ada garis atau grid yang bisa ditampilkan di layar kamera untuk membantu memotret datar sekaligus mengatur komposisi. Coba periksa menu kamera saku, tampilkan grid saat kita menjepret.
 
Dengan bantuan grid memotret horison datar jadi mudah, dan menghemat 1 pekerjaan edit yang dapat menurunkan kualitas gambar. Horison miring, khususnya pada pemandangan atau ‘lanskap’ (landscape), tentunya kurang indah.

Meluruskan Garis Horison Miring

Terlanjur miring, bisakah diperbaiki?

Horison lurusBisa, cukup dalam 4 langkah saja,

  1. Buka gambar, tarik garis sepanjang horison yang miring memakai tool ‘Measure Tool’.
  2. Klik menu Image >> Rotate Canvas’ >> Arbitrary… . Klik [OK].
    Horee.. gambar sekarang datar.
  3. Muncul ruang kosong di sudut gambar. Kita krop (gunting) dengan tool ‘Marquee’. Mengapa bukan ‘Crop’? Kita ingin mempertahankan perbandingan gambar, dalam hal ini 4:3. Isikan angka di bar ‘Opsi’ di atas. Tool ‘Crop’ tidak punya fitur ini.
  4. Klik lagi menu Image >> Crop.

Selesai. Gampang, ya.

Teknik meluruskan atau mendatarkan garis miring dapat diterapkan pada arah vertikal, misalnya meluruskan tiang telepon atau listrik. Untuk bangunan tekniknya sedikit berbeda karena unsur perspektif. Kita bedah di posting berikutnya.

Edit Lanjut

Meski sudah selesai kita ingin gambar diedit lebih lanjut agar lebih indah. Buka gambar yang sudah jadi di Photoshop dan lihat histogramnya di menu Image >> Adjustments >> Level,

HistogramGeser slider ‘1’ dan ‘3’ tepat ke kaki gunung histogram di dekatnya. Dengan ini saja hasilnya sudah berbeda. Lanjutkan edit memakai Image >> Adjustments >> Curve untuk membuat gambar lebih kontras. Beda gelap dan terang lebih nyata.

Sempurnakan kontras lebih detil dengan ‘Dodge’ dan ‘Burn’. Sapukan ‘dodge’ ke bagian/elemen yang tertimpa sinar (buih ombak, pasir, permukaan batu) sehingga lebih terang. Sapukan ‘burn’ ke bagian yang tidak tertimpa cahaya (bayangan) untuk menggelapkan. Jangan takut bereksperimen sampai diperoleh hasil memuaskan lebih bagus dari gambar kanan di bawah. Munculkan kesan 3D (3 dimensi). Bandingkan dengan gambar kiri sebelum di edit.
 
Horison before finalHorison final

Selamat bereksperiman, jangan lupa memotret datar.. pret!
 
:D  (kalau saja ada orang yang sedang menjala ikan di laut, pastinya lebih bagus)
 

Posted in: Photoshop