Menegakkan Bangunan Miring

Posted on 09/10/2013

0


Bangunan Miring introBangunan di sebelah miring seperti hendak jatuh. Juga seram. Menegakkan bangunan dengan bantuan meluruskan jalan seperti ‘Meluruskan Garis Horison Miring’ sepertinya tidak bisa diterapkan. Jalannya bisa lurus tetapi tiang ..bertambah miring! Juga bangunannya. Kita harus mencari cara lain.

Ada 2 alternatif, melalui menu Filter >> Distort >> Lens Correction atau menu Edit >> Transform >> (Scale, Rotate, Skew, Distort, Perspective, Warp). Dari coba-coba untuk bangunan miring yang seram ini, teknik ‘distort’ (cacat) paling cocok.
 

Menegakkan Bangunan Miring

Gambar bawah kiri adalah bangunan awal yang miring. Klik menu Edit >> Transform >> Distort. Muncul tuas atau ‘handle’ di sisi dan sudut gambar. Tuas dapat ditarik ke arah sekehendak kita. Tetapi sebelum menarik tuas kita tampilkan grid bantu untuk memudahkan pelurusan/penegakkan.
Miring Transform-Distort-CropTekan tombol [Ctrl] [‘]. Muncul grid halus. Oke tuas di sisi dan sudut gambar sekarang siap ditarik. Diperoleh tarik-menarik seperti gambar tengah. Sip, bangunan sudah tegak jalan juga lurus.

Gambar jadi cacat tidak keruan. Kita rapikan dan menggunting gambar dengan ‘Crop’. Horee, bangunan jadi. Sayang gambar tidak utuh seperti semula. Apa boleh buat. Selain itu gambar rusak karena ditarik-tarik. Perlu ditajamkan; klik Filter >> Sharpen >> Sharpen. Akhirnya, bangunan selesai seperti yang diperlihatkan gambar kiri di bawah.
 

Edit Lanjut

Kita coba tingkatkan gambar jadi lebih bagus. Naikkan kontras dan tonjolkan bagian yang semula, yang pada gambar asli kurang terlihat seperti tralis jendela, pagar pintu kamar lantai 2, jemuran di atap.
Miring Final
Gunakan Image >> Adjustments >> Level seperti di posting lalu, susul dengan Image >> Adjustments >> Curve untuk menaikkan kontras. Untuk memunculkan tralis, pagar pintu kamar lantai 2 pakai tool ‘Dodge’. Atur setting di ‘Highlight’ dan ‘Exposure’ 3-5%. Sapukan kuas berulang-ulang ke bagian gelap jendela, pintu, jemuran, plakat di tembok, kaca pecah, … sampai detilnya keluar! Wow.

Mewarnai, lakukan eksperimen dengan klik Image >> Adjustments >> Color Balance atau Hue/Saturation (untuk hitam-putih, gambar paling kanan).

Selamat eksperimen.
 
:D  (cobalah beri kesan lebih seram!)

Gambar diunduh dari stock.xchng. (Harus mendaftar.)