Ilham Yang Mendorong Eksplorasi

Posted on 01/11/2013

0


National Geography 2013Itulah tema lomba foto bergengsi National Geographic di penghujung akhir 2013, mulai 1 Oktober dan berakhir 30 November 2013. Tinggal menghitung hari.

“Dalam perjalanan 125 tahun National Geographic memperoleh banyak inspirasi. Keajaiban dongeng masa lampau dan petualangan di mana di antaranya menjadi rekor dunia, telah mendorong National Geographic untuk selalu maju mencari pandangan baru.”

“Bekerjasama dengan Canon, National Geographic mencari foto hasil eksplorasi bersumber dari inspirasi kita. Ini waktunya berbagi dan berceritera mengapa foto tersebut menginspirasi kita.”

Itu juga yang mendorong meluncurnya posting ‘Dari Jepret Ke Motret’, agar kita memulai menghasilkan gambar atau foto lebih serius yang layak diikutkan lomba foto nasional maupun internasional.

Cara — sangat mudah, hanya 3 langkah seperti di bawah,NatGeographic-2013-mechSemua cerita terbaik dimulai dari foto. Langkah-1, potretlah apa atau siapa menginspirasi kita. Langkah-2 buatlah ‘caption’ (keterangan gambar, cerita ringkas), tidak melebihi 300 kata. Langkah-3, unggah ke situs ‘Explore to Inspire Photo Contest’ (exploretoinspire.com/submit-photo.php). Selesai.

Eeh.. siapa tahu berhasil merebut hadiah!

Hadiah — juara pertama Canon EOS 5D MKIII (bodi), mengikuti 4-hari workshop National Geographic Photography di San Francisco, Amerika dan dimuat di majalah National Geographic Maret 2014 edisi Asia. Juara 2 dan 3 mendapat masing-masing Canon EOS 6D dan 70D, juga bodi, dan dimuat di majalah National Geographic Maret 2014 edisi Asia. Mau?

Kamera — tidak ada ketentuannya. Tetapi kalau sampai berhasil dimuat di majalah National Geographic, kira-kira kita tahulah kualitas foto yang diharapkan. Sempat membuka galeri foto para peserta yang sudah menyerahkan? Dari sana kita bisa memperkirakan tipe kamera yang digunakan, dan mencoba menilai diri sendiri apakah kemampuan menjepret, eh memotret, bisa lebih baik dari foto yang ada di galeri itu.
 
:D  (pastinya bisa, kirim sebanyak-banyaknya, optimis saja)